Pada hari Selasa-Rabu, 1-2 Desember 2020 telah dilaksanakan kegiatan Workshop Penyusunan Term of Reference (TOR) Masterplan ICZM Wilayah Pesisir Brebes. Workshop ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas PUSDATARU Provinsi Jawa Tengah dan mengundang berbagai dinas dan pihak terkait yang terlibat dalam tim ICZM (Integrated Coastal Zone Management) Jawa Tengah, termasuk Center for ICZM Universitas Diponegoro sebagai salah satu rekan kerja sama.

Bertempat di Hotel Santika Premiere Semarang, acara dibuka oleh Kepala Dinas PUSDATARU Provinsi Jawa Tengah, Ir.SR.Eko Yunianto, Sp.1. Beliau menyampaikan bahwa kawasan pesisir utara Jawa Tengah harus diberi perhatian untuk mengantisipasi perkembangan kawasan industri yang sudah diatur dalam Perpres. Selain itu, juga disampaikan dalam penyusunan masterplan wilayah pesisir Brebes nanti harus sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang sudah ada serta mempertimbangkan pengelolaan antara sumber daya air (water resources) dan kondisi alam pesisir.

Narasumber yang hadir dan memberikan materi pada workshop ini antara lain dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Ir.Lilik Harnadi,M.Si,M.Sc; konsorsium kerja sama Indonesia-Belanda yang diwakili oleh Victor John Coenen dari Witteveen+Bos; Bappeda Kabupaten Brebes; serta Dr.-Ing Wisnu Pradoto dan Dr. Muhammad Helmi yang mewakili Center for ICZM Universitas Diponegoro. Berbagai materi dari profil Kabupaten Brebes, potensi dan permasalahan wilayah pesisir Brebes, hingga contoh internasional tentang ICZM diberikan supaya dalam penyusunan TOR ini dapat memberi arahan yang sesuai dengan kondisi wilayah pesisir Kabupaten Brebes.